Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Planet Yang Lebih Dekat Matahari Mempunyai Kala Revolusi Lebih Pendek - Apakah Benar Planet Dalam Memiliki Kala Revolusi Terhadap Matahari Yang Lebih Singkat Dibandingkan Planet Luar?

Planet yang terdekat dari matahari memiliki lintasan orbit terpendek, sehingga waktu si planet untuk berevolusi juga lebih cepat. semakin jauh planet tersebut, maka, lintasan orbitnya pada matahari juga semakin jauh dan kala revolusinya semakin lama. itulah yang menyebabkan perbedaan kala revolusi planet.

Bagaimana hubungan antara jarak planet terhadap matahari dengan waktu untuk melakukan revolusi?

Dari tabel diatas dapat disimpulkan bahwa semakin jauh jarak planet ke Matahari, berarti semakin panjang periode rotasi dan revolusinya. Hal ini berarti 1 hari di planet semakin panjang jika jarak planet ke Matahari semakin jauh.

Apakah kala revolusi planet sebanding dengan jaraknya dari matahari?

iya karena semakin jauh jaraknya dari matahari, semakin panjang jari-jari jarak planet dengan matahari, semakin besar kelilingnya, semakin lama mengelilinginya.

Apakah matahari mempunyai revolusi?

Matahari juga memiliki revolusi Matahari karena mengelilingi pusat Galaksi Bimasakti. Lalu, Bumi berputar pada porosnya yang disebut rotasi Bumi.

Mengapa semakin jauh jarak rata planet dari matahari periode revolusinya semakin besar?

Hal ini dikarenakan planet yang jauh dari matahari memiliki orbit yang jauh lebih panjang. Sehingga semakin jauh jarak suatu planet dari matahri maka semakin lama waktu rotasi dan revolusinya.

Apakah benar planet dalam memiliki kala revolusi terhadap matahari yang lebih singkat dibandingkan planet luar?

Jawaban: ya, karena planet dalam jaraknya lebih dekat dengan matahari dibanding planet luar sehingga revolusinya lebih cepat.

Apakah periode revolusi setiap planet mengitari matahari sama jelaskan?

Rotasi dan Revolusi Planet Setiap planet mengelilingi Matahari sesuai orbitnya masing-masing dalam periode yang berbeda-beda, tergantung jarak planet terhadap Matahari. Periode revolusi planet juga bisa disebut sebagai satu tahun di planet itu. Revolusi berbeda dengan rotasi, teman-teman.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kala revolusi?

Waktu yang diperlukan bumi untuk satu kali revolusi disebut kala revolusi. Berbeda dengan rotasi bumi, kala revolusi bumi adalah 365¼ hari atau disebut 1 tahun. Lintasan revolusi bumi berbentuk elips.

Mengapa planet Neptunus memiliki waktu revolusi Terlama?

Jawaban. Jawaban: Planet yang memiliki kala revolusi terlama adalah planet Neptunus yang merupakan planet terluar (selama 164,79 tahun). Hal ini karena semakin jauh planet dari matahari, semakin besar panjang orbit yang harus ditempuh dan semakin lama waktu rotasi yang terjadi.

Apakah planet yang tercepat dalam berotasi?

Jupiter (9 jam 55 menit) Jupiter adalah planet dengan kecepatan rotasi tercepat di Tata Surya.

Apa nama planet yang memiliki revolusi paling cepat Mengapa?

Apakah nama planet yang mengalami revolusi paling cepat? Mengapa? Jawaban: Merkurius. Karena paling dekat dengan matahari, sehingga mempunyai lintasan orbit yang paling pendek.

Apakah nama planet yang mengalami revolusi paling lama dan mengapa?

Diantara planet-planet tersebut yang memiliki revolusi paling lama adalah Neptunus. Hal ini disebabkan karena Neptunus terletak paling jauh dari Matahari.

Mengapa Bumi melakukan gerak revolusi terhadap matahari?

2.Revolusi Bumi adalah peredaran Bumi mengelilingi matahari. Revolusi Bumi merupakan akibat tarik menarik antara gaya gravitasi matahari dengan gaya gravitasi Bumi, selain perputaran Bumi pada porosnya atau disebut rotasi Bumi.

Berapa kala revolusi matahari?

Gerakan melingkar mengelilingi Matahari terjadi selama setahun, yakni 365,2425 hari. Sehingga, revolusi Bumi mengelilingi Matahari tidak pas dengan gerakan Bumi pada sumbunya.

Mengapa posisi matahari berubah ubah?

Gerak semu tahunan matahari Revolusi adalah gerakan Bumi mengelilingi Matahari. Sekali putaran Bumi mengelilingi Matahari terjadi selama satu tahun. Gerakan semu tahunan Matahari membuat posisi Matahari berubah-ubah. Terkadang Matahari berada di utara, terkadang berada di selatan.

Apa yang dimaksud dengan periode revolusi planet?

Planet yang beredar memutari penuh matahari dalam satu putaran disebut dengan revolusi planet. Waktu yang diperlukan planet dalam satu kali revolusi disebut kala revolusi atau satu tahun planet. Selain melakukan revolusi, planet juga mengorbit atau berputar pada porosnya yang disebut dengan rotasi.

Bagaimana arah pergerakan revolusi planet?

Revolusi merupakan pergerakan planet mengelilingi matahari. Karena ke delapan planet sama sama terbentuk dari sistem tata surya maka arah revolusinya sama. Pergerakan semua planet yaitu berlawan arah jarum jam. Revolusi merupakan pergerakan planet mengelilingi matahari.

Apakah jarak planet ke matahari berbeda?

Berdasarkan jaraknya dari Matahari, kedelapan planet Tata Surya ialah Merkurius (57,9 juta km), Venus (108 juta km), Bumi (150 juta km), Mars (228 juta km), Jupiter (779 juta km), Saturnus (1.430 juta km), Uranus (2.880 juta km), dan Neptunus (4.500 juta km).

Mengapa planet luar memiliki kala rotasi yang lebih cepat dibandingkan dengan planet dalam?

Jawaban: Karena planet dalam lebih dekat dengan matahari sehingga mereka membutuhkan waktu lebih cepat saat mengelilingi Matahari.

Planet apa yang memiliki hari pendek?

Planet Jupiter memiliki hari yang paling pendek di tata surya kita. Sekali berotasi, Jupiter hanya membutuhkan waktu 9 jam 56 menit.

Post a Comment for "Mengapa Planet Yang Lebih Dekat Matahari Mempunyai Kala Revolusi Lebih Pendek - Apakah Benar Planet Dalam Memiliki Kala Revolusi Terhadap Matahari Yang Lebih Singkat Dibandingkan Planet Luar?"