Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Yang Dimaksud Dengan Permainan Bola Basket - Apa Tujuan Dari Permainan Sepak Bola Adalah?

Olahraga yang identik dengan penggunaan bola oranye ini merupakan olahraga tim. Permainan bola basket dilaksanakan dengan mempertandingkan dua tim, yang masing-masingnya terdiri dari 5 pemain. Kedua tim bertanding memperebutkan angka atau poin dengan memasukkan bola basket ke dalam keranjang lawan.

Jelaskan secara singkat apa yang dimaksud dengan permainan sepak bola?

Pengertian sepak bola menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan, yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain, berlangsung selama 2x45 menit, kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan.

Berapa macam teknik dasar permainan bola basket?

Teknik dasar bola basket sendiri meliputi meliputi Tag Position (memegang bola), Passing dan Catching, Dribbling, Shooting, Lay-up, Pivot, Rebound, dan Screen. Dilansir dari laman resmi Kemdikbud, berikut ini penjelasan lengkap dari teknik-teknik dasar bola basket tersebut.

Apa pengertian dan asal usul dari permainan bola basket?

Dilansir dari Encyclopedia Britannica (2015), permainan bola basket pertama kali hadir di muka bumi pada 1 Desember 1891. Sejarah permainan bola basket dimulai dari negara Amerika Serikat, permainan ini merupakan jenis permainan beregu adapun permainan ini diciptakan oleh James Naismith.

Apa tujuan utama dari permainan bola basket?

Di Indonesia sendiri olahraga ini tidak sepopuler Amerika Serikat dan Kanada yang memiliki turnamen bola basket populer yang disebut National Basketball Association (NBA). Tujuan permainan bola basket sendiri adalah memasukan bola ke dalam gawang atau ring lawan dan mendapatkan poin.

Berapa banyak pemain bola basket?

Jumlah pemain dalam permainan bola basket adalah lima orang dalam satu regu. Sementara, di luar permainan setiap tim memiliki pemain cadangan yang jumlahnya beragam dari 5-10 orang. Dengan durasi permainan: Pemain Starter: 30-40 menit apabila bermain dalam durasi 4 x 12 menit (48 menit).

Apa tujuan dari permainan sepak bola?

Tujuan utama dari permainan sepak bola tetap untuk mencetak gol dan memasukkan bola gawang lawan dengan cara menendang.

Apa tujuan dari permainan sepak bola adalah?

Tujuan permainan sepak bola yang utama adalah memasukkan bola ke dalam gawang lawan. Paling tidak tim kamu memasukkan bola ke dalam gawang lawan selama 90 menit waktu bermain.

Apa tujuan dari permainan bola voli?

Sedangkan tujuan dari permainan bola voli adalah melewatkan bola di atas net agar dapat jatuh menyentuh lantai lapangan lawan, untuk mencegah bola yang sama dari lawan. Setiap tim dapat memainkan tiga pantulan untuk mengembalikan bola diluar perkenaan block.

Berapa peraturan bola basket?

Aturan-aturan Dasar Permainan Bola Basket Bola harus ditembakkan. Bola harus dipegang di dalam atau di antara telapak tangan. Lengan atau anggota tubuh lainnya tidak diperbolehkan memegang bola. Pemain basket tidak boleh menahan, mendorong, memukul, atau menjegal pemain lawan dengan berbagai cara.

Berapa lama waktu bermain basket?

A. Lamanya Permainan Bola Basket Lamanya permainan bola basket pada dasarnya adalah 4 x 10 menit. Aturan lama permainan ini sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh FIBA sebagai federasi bola basket terbesar di dunia.

Apa saja dalam permainan bola basket?

Selain itu, ada teknik pivot yang penting dikuasai pemain basket. Berikut penjelasan masing-masing teknik dasar.

  • Dribbling (menggiring bola)
  • 2. Shooting (menembak bola)
  • Passing (mengoper bola)
  • 4. Defense (bertahan)
  • Rebounding.
  • 6. Pivot (berputar)

Pengertian permainan bola basket dan siapa penciptanya?

Sejarah Permainan Bola Basket. Adalah James Naismith yang mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai pencetus permainan bola basket ini. Awalnya ide tersebut muncul karena saat musim dingin, banyak permainan olahraga yang tidak bisa dilakukan oleh para muridnya.

Apa nama awal bola basket?

Awalnya Naismith memberikan olahraga ini sesuai dengan namanya, Naismith Ball, namun setelah diberikan saran oleh Mahan olahraga ini kemudian diubah namanya menjadi basketball (bola basket).

Berapa ukuran lapangan bola basket?

Lapangan bola basket berbentuk persegi panjang dengan dua standar ukuran, yakni panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter untuk standar National Basketball Association (NBA) dan panjang 26 meter dan lebar 14 meter untuk standar Federasi Bola Basket Internasional.

Pelanggaran Dalam basket dinamakan apa?

Pelanggaran dalam bola basket dinamakan dengan violation atau kesalahan. Kesalahan tersebut berkaitan dengan teknik atau tindakan yang tidak sesuai dengan aturan permainan bola basket.

Apa nama teknik menggiring bola dalam permainan bola basket?

KOMPAS.com - Bentuk gerakan pada saat mantulkan bola basket adalah dribbling atau menggiring. Dribbling dalam bola basket adalah upaya untuk membawa bola ke daerah lawan sekaligus melewati lawan.

Berapa ukuran tinggi ring basket?

Seperti dikutip dari situs resmi FIBA, Official Basketball Rules 2020 (Basketball Equipment), tinggi ring permainan bola basket sesuai standar internasional atau FIBA adalah 3.050 mm atau 3,05 meter, yang diukur dari bibir ring menuju permukaan tanah.

Jumlah pemain sepak bola ada berapa?

Jumlah pemain sepak bola mencapai 22 pemain, dengan jumlah pemain tiap regu 11 orang. Adapun pembagian pemain tersebut sebagai berikut: Kiper atau penjaga gawang. 3 atau 4 bek atau pemain bertahan.

Berapa ukuran lapangan sepak bola?

Ukuran lapangan sepak bola versi FIFA yakni panjang 100 meter - 110 meter dan lebar 64 meter - 75 meter dalam bentuk persegi panjang.

Apa saja teknik dasar permainan sepak bola?

Teknik Dasar Sepak Bola dan Penjelasannya

  • Tackling. Sumber gambar: Premier League.
  • 2. Teknik Menggiring Bola (Dribbling)
  • 3. Teknik Menendang Bola (Shooting)
  • 4. Teknik Mengoper Bola (Passing)
  • Teknik Menghentikan Bola.
  • 6. Teknik Menyundul Bola (Heading)
  • 7. Teknik Merebut Bola (Intercepting)
  • Teknik Menyapu Bola.

Post a Comment for "Apa Yang Dimaksud Dengan Permainan Bola Basket - Apa Tujuan Dari Permainan Sepak Bola Adalah?"