Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dasar Teori Urine - Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Urine?

Urine merupakan hasil penyaringan darah oleh ginjal yang dikeluarkan tubuh melalui saluran kemih, yaitu salah satu bagian dari sistem urinaria. Urine dikeluarkan untuk membuang sisa-sisa metabolisme, misalnya urea dan racun dari dalam tubuh.

Apa saja komposisi dari urine?

Urine normal pada manusia terdiri dari urea, asam urat, klorida, air, kreatin, amoniak, asam laktat, asam sulfat, garam, garam terutama garam dapur, dan zat zat yang berlebihan didalam darah misalnya vitamin C dan obat obatan.

Apa itu pemeriksaan kimia urine?

Pemeriksaan kimia urine meliputi glukosa, protein, bilirubin, urobilinogen, pH, darah, keton, nitrit, dan leukosit esterase. Pemeriksaan kimia urine memberikan informasi mengenai ginjal dan fungsi hati, metabolisme karbohidrat, dan asam-basa (Moisio, 1998).

Faktor faktor apa saja yang mempengaruhi berat jenis urin?

Berat jenis urin tergantung dari jumlah zat yang terlarut di dalam urin atau terbawa ke dalam urin. Berat jenis plasma (tanpa protein) adalah 1,010. Faktor yang mempengaruhi berat jenis urin adalah komposisi urin, fungsi pemekatan ginjal, dan produksi urin itu sendiri.

Apa saja fungsi urine pada manusia?

Fungsi. Fungsi utama urine adalah untuk membuang zat sisa seperti racun atau obat-obatan dari dalam tubuh. Anggapan umum menganggap urine sebagai zat yang "kotor". Hal ini berkaitan dengan kemungkinan urine tersebut berasal dari ginjal atau saluran kencing yang terinfeksi, sehingga urinenya pun akan mengandung bakteri.

Bagaimana proses terjadinya urine?

Proses pembentukan urine terjadi dalam tiga tahap, yaitu penyaringan (filtrasi), penyerapan kembali (reabsorbsi), dan pengumpulan (augmentasi), seperti dijelaskan dalam Seri IPA Biologi oleh Deswaty Furqonita.

Bagaimana sifat urine?

Sifat fisis urin adalah mempunyai jumlah ekskresi dalam 24 jam kurang lebih 1.500 mililiter tergantung pemasukan cairan dan faktor lainnya, selain itu juga mempunyai warna bening dan bila dibiarkan akan menjadi keruh. Warna kuning tergantung dari kepekatan, diet, obat-obatan dan sebagainya (Wirawan, 2009).

Bagaimanakah karakteristik urine?

Urin normal berwarna bening orange pucat tanpa endapan, Baunya tajam, reaksinya sedikit asam terhadap lakmus dengan pH rata-rata 6, berat jenisnya berkisar dari 1.010 sampai 1.025 (Pearce.

Dimana urin dibentuk?

Urine dibentuk di nefron dengan menyaring darah dan kemudian mengambil kembali ke dalam darah dengan bahan-bahan bermanfaat. Itu tersisa bahan yang tidak berguna. Nantinya akan keluar dari nefron dalam bentuk suatu larutan yang disebut urine. Sebelum jadi urine, di dalam ginjal akan diproses terlebih dahulu.

Jelaskan langkah langkah pemeriksaan urin?

Prosedur tes urine

  1. Membersihkan area kemaluan menggunakan tisu steril supaya bakteri dan sel di sekitar kemaluan tidak ikut terbawa ke sampel.
  2. Keluarkan urine selama 1-2 detik dan biarkan terbuang ke dalam toilet. Lalu masukkan urine selanjutnya ke dalam wadah sampel hingga tingginya 3-6 cm.

Apa saja pengawet urine?

Bahan pengawet yang biasa digunakan untuk mengawetkan urine guna terhindar dari aktivitas mikrobiologis adalah asam borat, kloroform, fenol, formalin, toluene, timol, dan yang Page 12 16 paling baik ada penyimpanan pada suhu 2-8°C karena sangat efektif dan hemat biaya (Cristina et al., 2013).

Apa indikasi dilakukan pemeriksaan urin?

Indikasi Tes Urine Memantau kondisi kesehatan pasien secara rutin, terutama penderita diabetes, penyakit ginjal, dan hipertensi. Mendiagnosis gangguan kesehatan pada orang yang mengalami gejala atau tanda suatu penyakit, seperti nyeri perut atau buang air kecil berdarah.

Berapa nilai normal urine?

PH urine normal berada di angka 4,5- 8,0 dengan nilai rata-rata 6,0. Sedangkan nilai pH urine netral adalah 7,0. PH urine dinyatakan asam saat berada di bawah angka 5,0, dan dinyatakan basa saat berada di atas angka 8,0.

Berat jenis urine normal berapa?

Berat jenis urin adalah ukuran konsentrasi solut dalam urin. Berat jenis urin memberi informasi tentang kemampuan ginjal dalam mengonsentrasikan urin. Nilai normal berat jenis urin pagi berkisar antara 1.006-1.022. Nilai normal berat jenis urin urin sewaktu 1.003-1.030.

Mengapa berat jenis urine rendah?

Nilai berat jenis yang lebih rendah daripada nilai normal seperti pada hasil pemeriksaan anda dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan seperti : konsumsi cairan cukup banyak sebelum pemeriksaan. kadar natrium yang rendah di dalam darah. diabetes insipidus.

Berapa lama proses pembentukan urine?

Kandung kemih dapat menampung sekiranya 2 cangkir urin sebelum penuh dan dikeluarkan oleh tubuh, dan proses ini sekiranya membutuhkan sekitar 9-10 jam untuk tubuh memproduksi 2 cangkir urin yang akan dikeluarkan tubuh.

Berapa banyak air yang terdapat di dalam urine?

Jawaban. 70% air. zat yang ada dalam urine adalah air, amonia, urea, zat warna empedu yang memberi warna pada feses dan urine, dan zat berlebihan dalam tubuh seperti enzim, hormon, vitamin dan obat-obatan.

4 Langkah Langkah pembentukan urine yang benar yaitu?

Ini Proses Pembentukan Urine dan Ekskresi di Tubuh Kamu

  1. 1.Filtrasi. Proses pembentukan urine yang satu ini dilakukan dengan bantuan dari ginjal.
  2. Reabsorpsi. Setelah filtrasi, proses pembentukan urine selanjutnya adalah reabsorpsi, yakni penyaringan ulang.
  3. Augmentasi.

Tuliskan lima langkah pembentukan urine?

Jawaban ini terverifikasi

  • Filtrasi : proses penyaringan darah yang akan menghasilkan urine primer.
  • Reabsorbsi : proses penyaringan kembali urine primer yang akan menghasilkan urine sekunder.
  • Augmentasi : proses pembentukan urine sesungguhnya dan siap untuk sikeluarkan dari tubuh.

Bagaimana penetapan pH urine?

Dipstick test. Sesuai namanya, yaitu dipstick, pemeriksaan ini dilakukan dengan mencelupkan kertas sebesar tusuk gigi ke dalam sampel urine. Kertas tersebut akan berubah warna, dan menunjukkan urine memiliki pH yang asam atau basa.

Mengapa urine mengandung protein?

Salah satu penyebab proteinuria adalah gangguan pada fungsi penyaringan ginjal. Ginjal yang terganggu fungsinya tidak dapat menyaring protein dengan baik, sehingga protein dari darah akan masuk ke dalam urine. Akibatnya, kadar protein dalam urine berlebihan.

Post a Comment for "Dasar Teori Urine - Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Urine?"