Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Dasar Otomotif Kendaraan Ringan - Berapa Gaji Teknik Kendaraan Ringan?

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)

  • Memahami dasar – dasar mesin.
  • Menginterpretasikan gambar teknik.
  • Menggunakan peralatan dan perlengkapan di tempat kerja.
  • Menggunakan Alat-alat ukur (measuring tools).
  • Menerapkan prosedur keselamatan, keehatan kerja dan lingkungan tempat kerja.

Skill otomotif apa saja?

Kemampuan tamatan program keahlian Teknik Otomotif Kompetensi Teknik Kendaraan Ringan adalah : Perawatan dan perbaikan kendaraan bermotor bensin dan bermotor diesel. Perawatan dan perbaikan chasis dan system pemindahan tenaga. Perawatan dan perbaikan system kelistrikan.

Apa saja yang dipelajari di jurusan otomotif SMK?

Kompetensi yang Dipelajari

  • Pemeliharaan mesin kendaraan ringan/otomotif (engine automotive)
  • Pemeliharan sasis dan pemindah tenaga kendaraan ringan/otomotif (chasis automotive)
  • Pemeliharan kelistrikan kendaraan ringan/otomotif ( electrical automotive)
  • Gambar teknik.
  • Teknologi dasar otomotif.
  • Pekerjaan dasar teknik otomotif.

Apa yang dimaksud dengan jurusan TKR di SMK?

Teknik Sepeda Motor (TSM) adalah kompetensi keahlian pada Bidang Studi Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Studi Keahlian Teknik Otomotif yang menekankan pada keterampilan pelayanan jasa mekanik kendaraan sepeda motor roda dua.

Jurusan TKR belajar apa saja?

Apa Itu Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif ? Teknik Kendaraan Ringan adalah ilmu yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil yang mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil.

Jurusan TKRO bisa kerja apa?

Lulusan Teknik Kendaraan Ringan tentu memiliki keahlian untuk bekerja sebagai mekanik otomotif di berbagai bengkel motor atau mobil. Gaji seorang mekanik yaitu berkisar Rp.3.000.000.

Apa nama jurusan bengkel di SMK?

Jurusan pendidikan Teknik Otomotif siap membekali siswa dengan cakupan kompetensi lulusan: pengetahuan teknik otomotif, perawatan otomotif, teknologi Otomotif, dan entrepeneur.

Apa saja yang termasuk kendaraan ringan?

Besaran SMP

  • Kendaraan Ringan (LV): Mobil Penumpang, Oplet, Mikrobis, Pick up, sedan dan kendaraan bermotor ber as 2 dengan jarak antar as 2-3m.
  • Kendaraan Berat (HV): Bis, Truk 2 As, Truk 3 As, dan kendaraan bermotor lebih dari 4 roda.
  • Sepeda Motor (MC): kendaraan bermotor dengan 2 atau 3 roda.

Berapa biaya kuliah jurusan otomotif?

Sebagai referensi, pada umumnya besaran UKT atau Uang Kuliah Tunggal untuk teknik otomotif berkisar antara Rp 500.000,- sampai Rp 11.000.000,- per semesternya. Tentunya, biaya ini dibebankan berdasar kemampuan ekonomi masing-masing mahasiswa.

Berapa gaji teknik kendaraan Ringan?

Gaji di bidang ini yaitu sekitar Rp.6.000.000. Saat ini semakin banyak SMK yang membuka program keahlian otomotif dan membutuhkan tenaga pengajar yang kompeten dalam bidang tersebut. Kisaran gaji untuk profesi ini sekitar Rp.2.000.000-Rp.3.000.000.

Apa nama jurusan mobil?

Seperti namanya, jurusan otomotif SMK mempelajari berbagai hal terkait otomotif, seperti mobil, sepeda motor, truk, dan kendaraan bermotor lainnya. Selain itu, jurusan ini juga mengasah keterampilan dan kreativitas juga, seperti membuat kendaraan bermotor atau penemuan lainnya.

Apa perbedaan otomotif dan teknik kendaraan Ringan?

Bedanya dengan Teknik kendaraan ringan otomotif adalah di jurusan TBSM mempelajari otomotif roda dua,jika di TKRO mempelajari otomotif roda empat. Prospek kerja jurusan TBSM antara lain teknisi sepeda motor,bekerja di industri otomotif,modifikator custom sepeda motor,sampai pengusaha bengkel sepeda motor.

Apa perbedaan teknik mesin dan teknik otomotif?

Otomotif hanyalah bagian kecil dari bidang teknik mesin yang merupakan bidang engineering yang paling luas cakupannya, karena terkait dengan segala produk yang digunakan manusia. Bidang teknik mesin memiliki bidang konsentrasi yang banyak, di antaranya : Manufaktur, Konversi Energi, dan Teknik Material.

Jurusan otomotif kuliah dimana?

5 Universitas di Indonesia yang Menyediakan Jurusan Otomotif Terbaik

  1. Universitas Negeri Malang.
  2. Universitas Negeri Yogyakarta.
  3. Universitas Muhammadiyah Purworejo.
  4. Universitas Negeri Padang.
  5. Universitas Negeri Makassar.

Apakah jurusan otomotif menjanjikan?

Salah satu jurusan dengan kelebihan yang menjanjikan adalah Teknik Otomotif. Automatic Engineering atau Teknik Otomotif menjadi salah satu program studi yang dapat kamu ambil ketika melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. Tentunya kamu akan mendapatkan ilmu yang tidak membosankan dan memiliki prospek kerja yang bagus.

Apa bedanya jurusan TKR dan TSM?

TKR adalah Teknik Kendaraan Ringan, orang yang ahli dalam perbaikan seperti Mobil. TSM adalah Teknik Sepeda Motor, orang yang ahli soal sepeda motor.

Apa itu EMP pada jalan?

Ekuivalensi Mobil Penumpang Definisi ekivalensi mobil penumpang (emp) adalah satuan arus lalu lintas dari berbagai tipe kendaraan yang diubah menjadi kendaraan ringan (termasuk mobil penumpang) dengan menggunakan faktor emp. Nilai ekuivelan mobil penumpang merupakan faktor konversi dari berbagai jenis kendaraan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kendaraan Ringan?

Kendaraan ringan adalah kendaraan berroda empat namun tidak terlalu besar dan bobot kendaraan ini juga terbilang ringan. Kendaraan ringan adalah kendaraan roda empat yang berstandar otomotif salah satunya mobil yang menggunakan SIM A seperti Avanza Innova Xenia dan lainnya.

Berapa lama kuliah teknik mesin?

Ilmu ini akan menjadi bekalmu untuk bersaing di dunia kerja. Rata-rata, seorang mahasiswa membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 tahun untuk menyelesaikan pendidikannya.

UKT itu apa ya?

Sistem UKT merupakan salah satu kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk meringankan beban mahasiswa terhadap pembayaran uang kuliah dan diterapkan di seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Kuliah S1 sampai semester berapa?

Perkuliahan jenjang Sarjana (S1) biasanya dapat ditempuh dalam kurun waktu 4 tahun atau 8 semester. Jika dalam waktu 8 semester kamu belum menyelesaikan pendidikan, biasanya pihak kampus akan memberikan kesempatan hingga 14 semester atau 7 tahun.

Post a Comment for "Teknik Dasar Otomotif Kendaraan Ringan - Berapa Gaji Teknik Kendaraan Ringan?"