Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Psikomotorik

Pengertian psikomotorik

Pengertian psikomotorik

Ranah psikomotorik adalah ranah yang berkaitan dengan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu.

Apa itu psikomotorik dan contohnya?

Ranah psikomotor adalah ranah yang berhubungan dengan aktivitas fisik, misalnya lari, melompat, melukis, menari, memukul, dan sebagainya.

Apa itu psikomotorik peserta didik?

Perkembangan psikomotorik yaitu perkembangan kepribadian manusia yang berhubungan dengan gerakan jasmaniah dan fungsi otot akibat adanya dorongan dari pemikiran, perasaan, kemauan dari dalam diri seseorang.

Psikomotorik meliputi apa saja?

Psikomotorik adalah domain yang meliputi perilaku gerakan dan koordinasi jasmani, keterampilan motorik dan kemampuan fisik seseorang.

Apa tujuan utama dari psikomotor?

Tujuan psikomotorik berorientasi kepada keterampilan motorik yang berhubungan dengan anggota tubuh, atau tindakan (action) yang memerlukan koordinasi antara saraf dan otot.

Apa saja aspek penilaian psikomotorik?

Psikomotorik meliputi (1) gerak refleks, (2) gerak dasar fundamen, (3) keterampilan perseptual; diskriminasi kinestetik, diskriminasi visual, diskriminasi auditoris, diskriminasi taktis, keterampilan perseptual yang terkoordinasi, (4) keterampilan fisik, (5) gerakan terampil, (6) komunikasi non diskusi (tanpa bahasa-

Langkah Langkah psikomotorik?

Menurut Mardapi (2003), keterampilan psikomotor ada enam tahap, yaitu: gerakan refleks, gerakan dasar, kemampuan perseptual, gerakan fisik, gerakan terampil, dan komunikasi nondiskursif.

Apa itu aspek afektif dan contohnya?

Sikap Afektif, adalah sikap yang berkaitan dengan perasaan atau aspek-aspek emosional, penghargaan-penghargaan, semangat, nilai, minat dan sebagainya. Contoh sikap afektif adalah perasaan suka pada sesuatu, mencintai seseorang, menyukai kebudayaan tertentu dan lain-lain.

Kognitif meliputi apa saja?

Jenis proses kognitif meliputi berpikir, mengetahui, mengingat, menilai, dan memecahkan masalah.

Penilaian kognitif apa saja?

Bentuk tes kognitif diantaranya; (1) tes atau pertanyaan lisan di kelas, (2) pilihan ganda, (3) uraian obyektif, (4) uraian non obyektif atau uraian bebas, (5) jawaban atau isian singkat, (6) menjodohkan, (7) portopolio dan (8) performans.

Apa itu afektif dalam psikologi?

B. Afektif Ranah afeksi adalah materi yang berdasarkan segala sesuatu yang berkaitan dengan emosi seperti penghargaan, nilai, perasaan, semangat, minat, dan sikap terhadap sesuatu hal.

Apa itu tujuan kognitif?

Tujuan pembelajaran kognitif yang mencakup kompetensi keterampilan intelektual yang sederhana (tingkat pengetahuan) sampai dengan yang paling kompleks yaitu kemampuan untuk memecahkan masalah yang menuntut mahasiswa untuk menghubungkan atau menggabungkan gagasan, metode atau prosedur yang sebelumnya dipelajari untuk

Apa yang dimaksud dengan kognitif?

Kognitif adalah semua aktivitas mental yang membuat suatu individu mampu menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan suatu peristiwa, sehingga individu tersebut mendapatkan pengetahuan setelahnya.

Apa yang dimaksud dengan kognitif dan afektif?

Dengan demikian aspek kognitif adalah subtaksonomi yang mengungkapkan tentang kegiatan mental yang sering berawal dari tingkat pengetahuan sampai ke tingkat yang paling tinggi yaitu evaluasi. 2. Afektif Ranah afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai.

Contoh tingkah laku psikomotorik?

Ranah psikomotor adalah ranah yang berhubungan dengan aktivitas fisik, misalnya lari, melompat, melukis, menari, memukul, dan sebagainya.

Aspek afektif itu apa?

Ranah afektif memiliki lima aspek yaitu : Penerimaan (Receiving), Jawaban (Responding), Penilaian (Valuing), Organisasi, Karakteristik nilai / Pembentukan pola hidup.

Apa arti dari afektif?

Afektif merupakan perasaan dan emosi. Ada empat karakteristik afektif yang penting dalam pembelajaran adalah: (1) minat, 2) sikap, 3) konsep diri, dan 4) nilai.

Mengapa penilaian harus meliputi kognitif afektif dan psikomotor?

Penilaian hendaknya dilakukan dalam tiga ranah yaitu afektif, kognitif, dan psikomotorik dalam semua mata pelajaran, termasuk dalam mata pelajaran sejarah. Penilaian afektif dan psikomotorik dalam pembelajaran perlu dilakukan agar nilai-nilai yang terkandung dalam materi sejarah dapat tersampaikan kepada peserta didik.

Penilaian afektif apa saja?

Penilaian Afektif

  • Observasi. Kegiatan observasi bisa Bapak/Ibu lakukan pada saat kegiatan pembelajaran di kelas.
  • 2. Jurnal. Jurnal merupakan salah satu bentuk penilaian yang cukup efektif karena bisa mencatat sikap dan perilaku peserta didik dalam waktu satu semester. ...
  • Penilaian antarteman. ...
  • Penilaian diri.

Apa itu teori kognitif dan contohnya?

Teori Kognitif Secara sederhana teori ini menggambarkan bahwa belajar adalah aktivitas internal yang terdiri dari beberapa proses, seperti pemahaman, mengingat, mengolah informasi, problem solving, analisis, prediksi, dan perasaan. Ada juga yang menggambarkan bahwa teori belajar kognitif itu ibarat komputer.

12 Pengertian psikomotorik Images

21yy Bloom Taksonomi Aralar  Bloom taksonomisi renme Eitim

21yy Bloom Taksonomi Aralar Bloom taksonomisi renme Eitim

Post a Comment for "Pengertian Psikomotorik"